Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum  Tirta Bumi Wibawa  (PDAM TBW) Kota Sukabumi semakin membaik. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal itu terungkap pada rapat Kerja PDAM TBW Kota Sukabumi di Villa Yustik, Salabintana Sukabumi, Kamis pekan lalu.

Hal senada di sampaikan oleh Wakil Walikota Sukabumi H. Mulyon, bahwa kinerja  PDM TBW Kota Sukabumi semakin baik. Pembenahan terus dilakukan baik yang bersifat interen maupun pelayanan terhadap
pelanggan. “Secara intern pembenahan sudah baik, tinggal eksternalnya yang perlu ditingkatkan,”ujarnya usai raker.
Menurutnya, selama di tahun 2011 lalu, telah terjadi perubahan  signifikan dan pembenahan oleh manajemen. diantaranya dengan perampingan karyawan. “Pemkot juga menambah penyertaan modal Rp 1 miliar agar PDAM Kota Sukabumi lebih sehat dari sisi finansialnya.

Kedepan, menurut Mulyono, langkah-langkah strategis harua dilakukan. Diantarnya  penataan kelembagaan, penataan ketenagaan dan  interkonek  antar bagian. “Jika penataan bagian sudah terbentuk, baru fungsi-fungsi manajemennya berjalan dengan baik.
Secara ekternal, PDAM harus sinergis dengan lembaga yang lain. Cara itu sebagai salah satu langkah persediaan air dalam mencapai target jumlah pelanggan. “Kalau pelanggan bertambah, tapi airnya tidak ada, akan menjadi masalah. Air tersedia baru pengembangan jaringan,” ujarnya.

Apresiai  juga disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi Muniri Muchtar. Menurutnya, selama kepemimpinana H.Helmi Soetikno,  banyak perubahan yang dilakukan . Baik sisi manajemen kelembagaan maupun  keuangan. Pada tahun 2012, dia mengharapkan perbaikan berjalan dengan konsisten karena berkaitan dengan corporate 2008-2012.
Selain itu, yang harus diperbaiki dan menjadi perhatian serius yakni,  selain  memperbanyak sambungan saluran air dan mengurangi tingkat kebocoran air juga menekan besarnya  hutang ke pemerintah pusat. “Kami telah menyampaikan ke Kementerian Keuangan agar hutang itu dihitung hanya hutang pokok saja Rp 11 miliar,” katanya.
Kalau usulan  tersebut disetujui, kata Muniri, pihaknya dengan eksekutif akan membuat komitmen pembayaran. Karena  menurutnya, jumlah sebesar itu tidak terlalu berat untuk dilunasi.

Sementara itu Direktur PT. PDAM TBW Kota Sukabumi H.M. Helmi Soteikno mengatakan, selama kepemimpinananya, pertama yang harus dibenahi adalah pola fikir. Pola fikir itu menjadi dasar perbaikan manajemen secara kelembagaan untuk meningkatkan kinerja seluruh pegawai kedepannya. “Mindset pejabat PDAM harus berobah dalam meningkatkan pelayanan kepada mayarakat. Baru pada sektor lain secara bertahap,”ujarnya.
Untuk meningkatkan pelayanan, kata Helmi, dia  mendatangkan konsultan teknik dan ketenaga kerjaan. Konsultan teknik untuk mendeteksi dan mengatasi kebocoran air serta kerusakan jaringan pipa. Konsultan tenaga kerja untuk membuat peraturan perusahaan dan standar operasional.Sebab, selama ini, karyawan perusahaan daerah itu mengacu pada aturan yang diterapkan pada PNS. “Konsultan teknik kami datangkan dari PDAM Bogor dan Konsultan tenaga kerja kami datangan dari Universitas Indoensia,” jelasnya.
Selain itu, dari sebnayak 14 ribu  water meter yang sudah tua, telah  diganti sebanyak 7000 sambungan. Karena, idealnya, water meter harus diganti selama lima tahun sekali. “Secara bertahap, sisanya akan diganti.
Sedangkan untuk penertiban terhadap pelanggan yang menunggak, pihaknya telah mencabut  sebanyak  1.100. Hal itu dilakukan untuk menertibkan pelanggan membayar rekening air tepat waktu.
Direktur yang kerap dipanggil Apih tersebut mengatakan, untuk mengantisipasi penambahan pelanggan yang ditargetkan sebanyak  5000 pelanggan pada tahun 2012, pihaknya bekerjasama dengan  perusahaan swasta. “Kami akan menabah debit air sebanyak 150 meter kubik perdetik dari sumber mata air Pulo Air di kawasan Salabintana.
( Guy_Nif )
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an