Radio siaran merupakan komponen media komunikasi massa yang memiliki peran dan hubungan timbal balik dengan sejarah bangsa Indonesia. Dalam perkembangannya radio siaran tidak hanya harus memenuhi dan menciptakan selera public tapi juga punya peran di dalam membentuk opini serta control social. Di awali oleh nuansa amatiran dilanjutkan dengan kuatnya posisi radio siaran sebagai sarana hiburan akhirnya berkembang memainkan peran cukup signifikan sebagai media massa.
Fungsi ini adalah fungsi yang pertama dan utama, yaitu dimana media massa berfungsi untuk menginformasikan kepada masyarakat luas mengenai peristiwa yang terjadi, atau tentang gagasan orang lain. b. To educate (mendidik) Sebagai sarana pendidikan, media massa berfungsi mencerdaskan masyarakat, menawarkan nilai-nilai etika dan menuntun masyarakat ke arah perilaku yang lebih baik (Pareno,2002,p.109). c. To entertain (menghibur) Dalam menjalankan fungsi ini, media massa menampilkan hal-hal yang bersifat ringan dan menghibur untuk mengimbangi berita-berita yang berat dan berbobot. d. To influence (mempengaruhi) Media massa memiliki pengaruh untuk membentuk opini masyarakat (to influence public opinion) (Pareno,2002,p.110). Media massa dapat mempengaruhi masyarakat untuk memberikan image yang positif maupun negatif terhadap suatu hal, melalui apa yang ditulis atau disiarkan.
Fungsi ini adalah fungsi yang pertama dan utama, yaitu dimana media massa berfungsi untuk menginformasikan kepada masyarakat luas mengenai peristiwa yang terjadi, atau tentang gagasan orang lain. b. To educate (mendidik) Sebagai sarana pendidikan, media massa berfungsi mencerdaskan masyarakat, menawarkan nilai-nilai etika dan menuntun masyarakat ke arah perilaku yang lebih baik (Pareno,2002,p.109). c. To entertain (menghibur) Dalam menjalankan fungsi ini, media massa menampilkan hal-hal yang bersifat ringan dan menghibur untuk mengimbangi berita-berita yang berat dan berbobot. d. To influence (mempengaruhi) Media massa memiliki pengaruh untuk membentuk opini masyarakat (to influence public opinion) (Pareno,2002,p.110). Media massa dapat mempengaruhi masyarakat untuk memberikan image yang positif maupun negatif terhadap suatu hal, melalui apa yang ditulis atau disiarkan.