Ketua DPP Manggala Garuda Putih, Joni Hidayat (28/12) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, melantik pengurus DPC Manggala Garuda Putih Sukabumi, masa bhakti tahun 2011-2015. Pelantikan berlangsung pada acara Kumpulan Insan Seni Budaya dan Pelestari Lingkungan atau Kumis Baplang, dengan mengambil tema, Peran Tokoh Dalam Kesejahteraan, Merupakan Cermin Keberhasilan Dalam Pembangunan. Kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., Kepala Museum Prabu Siliwangi Kota Sukabumi, Doktor Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M., diisi penyerahkan Sukabumi Award 2011, kepada 100 orang tokoh masyarakat, yang terdiri dari seniman, budayawan dan wartawan, serta pagelaran berbagai jenis kesenian tradisional sunda, diantaranya Pencak Silat, Reog dan sebagainya.
Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., dalam kesempatannya mengharapkan, dengan hadirnya Manggala Garuda Putih di Sukabumi, yang mengemban tugas sebagai Pelestari Budaya Sunda dapat memulihkan citra budaya sunda. Selain itu, juga dapat membangkitkan spirit kepada warga masyarakat Jawa Barat khususnya orang sunda, untuk selalu berupaya optimal melestarikan budaya sunda dengan dukungan dari semua pihak, termasuk ulama, budayawan, seniman dan wartawan. Diharapkan pula, upaya pelestarian budaya sunda khususnya di Kota Sukabumi, ke depan bisa masuk ke dalam tataran pendidikan. Dengan demikian, berbagai budaya luar yang masuk ke tanah air, khususnya ke Kota Sukabumi dapat diantisipasi.
Sementara Kepala Museum Prabu Siliwangi Kota Sukabumi, Doktor Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M., yang dalam kesempatan tersebut mendapat Sukabumi Award 2011 menjelaskan, penghargaan ini sebagai salah satu bukti nyata apresiasi, terhadap para pelaku seni dan budaya sunda di Sukabumi. Diharapkan dengan diberikannya Sukabumi Award 2011, dapat menjadi spirit dan motivasi bagi warga masyarakat khususnya orang sunda, untuk lebih mencintai seni dan budaya sendiri.
Dalam pada itu, Ketua DPC Manggala Garuda Putih Sukabumi, Tatang Kamil menjelaskan, Manggala Garuda Putih Sukabumi, hadir dalam kapasitas sebagai salah satu organisasi masyarakat, yang akan bergerak dan berupaya optimal melestarikan seni dan budaya sunda. Untuk itu, Ketua DPC Manggala Garuda Putih Sukabumi, mengajak kepada segenap komponen orang sunda di Sukabumi, untuk senantiasa memperlihatkan jati diri kasundaan secara optimal.
kehadiran bersama rekan-rekannya bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya Sunda sekaligus mengajak keturunan Sunda, Galuh, Pakuan, dan Pajajaran untuk menunjukkan budaya Sunda yang sebenarnya.
Menurutnya pula bahwa nilai-nilai luhur dalam tradisi Sunda harus digali kembali untuk diterapkan dalam kehidupan masa kini yang makin egoistis dan materialistis. Orang Sunda memiliki kitab-kitab kuno yang berisi ajaran moral dan etika serta bernilai tinggi seperti Sewaka Darma, Sanghiyang Siksakandang Karesian, dan Kundangeun Urang Reya. ( Guy )
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an