Pengembangan Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN), dilakukan secara intens, terarah, terencana dan bertahap, berdasarkan skala prioritas, sesuai dengan sumber daya yang dimiliki, serta dengan senantiasa mempertimbangkan keragaman status sekolah-sekolah yang ada saat ini.

Seperti dikatakan Kepala SDN Gunungpuyuh CBM Kota Sukabumi, Hajah Neni Mulyaningsih, S.Pd., pengembangan SDSN harus difokuskan pada pembinaan kemampuan dan kapasitas, yang meliputi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepala Sekolah, Guru dan tenaga pendukung lainnya, termasuk sarana dan prasarana, serta pengembangan kelembagaan, yang terdiri dari manajemen pada semua urusan, organisasi, administrasi, kepemimpinan, kewira-usahaan dan sebagainya.

Selanjutnya pembinaan kapasitas dilakukan secara runtut, mulai dari penilaian terhadap kondisi nyata saat ini, hingga perumusan kondisi SDSN sesuai dengan standar yang ditentukan, serta pengembangan kapasitas yang dilakukan, harus melalui berbagai upaya, seperti melalui pelatihan, lokakarya, diskusi kelompok dan studi banding. Selain itu, juga harus dilakukan modernisasi, ter-utama yang berkaitan dengan teknologi komunikasi informasi, atau information communication technology (ICT) digital yang canggih dan mutakhir, untuk kelancaran pengambilan keputusan, kebijakan, perencanaan dan pengawasan, serta untuk memudahkan akses informasi SDSN oleh masyarakat luas. Dengan demikian, pencitraan publik terhadap SDSN dapat terwujud dengan baik. Dikatakannya, berbagai upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan kapasitas, harus ditelaah secara bersama-sama, khususnya yang berkaitan dengan praktik-praktik yang baik atau best practices, serta pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik atau lessons learned.

Kepala SDN Gunungpuyuh CBM Kota Sukabumi menjelaskan, hasil- hasil dari telaahan tersebut, harus didiskusikan secara bersama-sama oleh semua pihak SDSN melalui lokakarya. Maksud dan tujuannya, untuk saling tukar menukar, serta berbagi informasi dan pengalaman. Disamping itu, hasil yang didapat dalam lokakarya, harus dijadikan patokan bersama, khususnya dalam mengembangkan SDSN. Dijelaskan pula, pengembangan SDSN secara kompak, cerdas, dinamis dan lincah, merupakan salah satu upaya yang sangat penting, guna menegakan kesepakatan dan komitmen bersama, khususnya terhadap tata nilai, terbentuknya sistem dan prosedur kerja, tersusun dan tertatanya tugas dan fungsi, serta struktur organisasi dan tata kelola yang baik, dalam menyelenggarakan SDSN.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an