Setiap Bulan Ramadhan, di Kota Sukabumi digelar Pasar Marema Ramadhan, tepat di sepanjang ruas jalan Kapten Harun Kabir. Pasar Marema yang dibuka sejak awal Bulan Ramadhan Tahun 1431 Hijriyah, selalu ramai dipadati oleh para pembeli, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi, karena komoditi atau barang-barang yang dijual oleh para pedagang di Pasar Marema sangat beragam, serta kualitasnya cukup baik. Selain itu, juga harganya sangat terjangkau oleh warga masyarakat, terutama warga masyarakat yang ekonominya masuk dalam katagori kelas mengengah ke bawah.
  
Pimpinan CV Budi Bhakti selaku Pengelola Pasar Marema Kota Sukabumi, Wahyu, didampingi Sekretaris CV Budi Bhakti, Doce Subrata menjelaskan, dari sebanyak 600 lapak yang disediakan oleh pihak pengelola, seluruhnya sudah terisi penuh oleh sekitar 2 ratus pedagang. CV Budi Bhakti menjadi Pengelola Pasar Marema sudah kelima kali. 
Harga setiap lapak yang ditawarkan oleh pihak Pengelola Pasar Marema kepada para pedagang, sangat bervariatif. Dari harga 250 sampai dengan 750 ribu rupiah, dengan ukuran 12 kali 17 meter, serta tergantung pada posisi lapaknya. Karena apabila posisi lapaknya berada di pintu masuk pasar marema sebelah atas, harganya lebih mahal dari harga lapak yang berada di bawahnya. Dikatakannya, dengan harga lapak yang sangat terjangkau, para pedagang rata-rata mengambil lebih dari satu lapak, karena para pedagang hanya tinggal menjual barang-barang dagangannya saja, sebab harga lapak sudah termasuk fasilitas Tenda, Listrik, Kebersihan dan Keamanan.

Menyinggung kontribusi yang diberikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sukabumi, menurut Sekretaris CV Budi Bhakti, setiap menggelar pasar marema, pihaknya memberikan kontribusi terhadap PAD Kota Sukabumi sebesar 170 juta rupiah, termasuk untuk mengurus perijinan dan sebagainya. Dikatakan pula, selain memberikan kontribusi terhadap PAD Kota Sukabumi, pihaknya juga mengalokasikan dana untuk Listrik sebesar 42 juta rupiah, Parkir 20 juta rupiah, serta dana untuk Keamanan. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Ibadah Shaum Ramadhan Tahun 1431 Hijriyah, Sekretaris CV Budi Bhakti menghimbau segenap pedagang, agar senantiasa menghormati masyarakat khususnya umat Islam yang sedang menjalankan ibadah shaum, dengan tidak merokok atau makan di tempat terbuka pada siang hari.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an