Sebanyak 300 bidang tanah di Kota Sukabumi, belum lama ini telah selesai disertifikasi oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Sukabumi melalui Program Operasi Nasional (Prona). Kepala Kantor BPN Kota Sukabumi, James JF Tirayoh, S.H., M.Si. menjelaskan, dari jumlah sertifikat tersebut, sebanyak 150 sertifikat telah diserahkan kepada 150 warga masyarakat, tepatnya pada pertengahan bulan Agustus 2010 baru-baru ini. Bahkan penyerahan ke-150 sertifikat tersebut, dilakukan secara simbolis oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., pada Upacara Peringatan HUT Ke-65 Proklamasi Kemerdekaan RI, bertempat di Lapangan Mederka Kota Sukabumi.

Sedangkan sisanya sebanyak 150 sertifikat, menurut rencana akan diserahkan pada Upacara Peringatan Hari Agraria Nasional dan HUT Ke-50 Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2010. Dikatakannya, keberhasilan tersebut dapat dicapai berkat kesungguhan dan kerja keras pegawai Kantor BPN Kota Sukabumi dalam menyelesaikan sertifikat. Dengan demikian, target sertifikasi yang seharusnya selesai pada tahun 2011 dapat diselesaikan dengan baik pada pertengahan tahun 2010. Dikatakan pula, Sertifikat Prona diperuntukan bagi Masyarakat Golongan Ekonomi Lemah (Golekmah). Oleh karenanya diberikan secara gratis kepada warga masyarakat dan telah dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah.  

Kepala Kantor BPN Kota Sukabumi menandaskan, Sertifikat Prona merupakan salah satu program pemerintah, yang biaya pembuatannya disubsidi oleh pemerintah pusat, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan demikian, setiap warga masyarakat yang membuat sertifikat tanah melalui program tersebut, sepeser pun tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun demikian bagi setiap warga masyarakat yang akan membuat sertifikat tanah, diwajibkan membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), yang besarnya disesuaikan dengan luas tanah dan bangunan, yang dimiliki oleh warga masyarakat masing-masing.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an