Perjalanan Pemkot Sukabumi di Tahun 2011

07.37 Diposting oleh Aguy
Perayaan malam tahun baru di Kota Sukabumi berlangsung meriah dan berjalan aman, berbagai kembang api dan tiupan terompet menandai pergantian tahun 2011 ke 2012. Dari hasil pantauan di lapangan, selepas isya masyarakat Kota Sukabumi baik muda maupun tua mulai memadati
tempat-tempat favorit untuk berkumpul, seperti di Jl. R. Syamsudin SH depan Balai Kota Sukabumi, Jl. Ir. H. Juanda atau yang biasa disebut jalan Dago, Lapang Merdeka serta Jalur Lingkar Selatan.
Hal ini juga terlihat di halaman Balaikota Sukabumi, tepat pukul 24.00 Wib Walikota Sukabumi H. Mokh. Muslikh Abdussyukur beserta unsur muspida menyaksikan pelepasan kembang api berbagai warna. Sebelumnya pada pukul 16.00 Wib juga digelar apel siaga pasukan pengamanan jalannya perayaan tahun baru, bukan itu saja Walikota, Wakil Walikota, Sekda, unsure muspida dan segenap kepala SKPD, serta ulama juga menggelar sujud syukur selepas sholat Maghrib di Mesjid Al Ikhlas Balaikota Sukabumi dan nonton bareng kaleidoskop kegiatan Pemkot Sukabumi selama tahun 2011.


Yang Sangat Di sayangkan pada saat pemutaran kaleidoskop, tidak semua kepala dinas/instansi yang menyaksikan bahkan tampak sekali kursi yang telah disiapkan di Ruang Pertemuan Balaikota Sukabumi kosong dan hanya terisi di jejeran depan yaitu oleh Walikota Sukabumi dan unsure muspida.
“Hampir satu bulan menjelang tahun baru rapat koordinasi pengamanan baik dari aspek perdagangan kesehatan dan transportasi, sebagai langkah antisipasi. Alhamdulillah berjalan aman dan tertib, dan harapan kita hari ini dan hari esok harus lebih baik,” kata Walikota Sukabumi H. Mokh. Muslikh Abdussyukur seusai apel siaga kemarin.


Dijelaskan Muslikh, refleksi perjalanan Pemkot Sukabumi di tahun 2011 untuk mewujudkan visi dan misi sehat, cerdas dan sejahtera secara akumulatif jika dilihat dari indicator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) relatif bagus dan diatas rata-rata Jawa Barat namun masih perlu evaluasi kembali.


Untuk disektor pendidikan yang menjadi perhatian terkait masalah pungutan dan aksi tawuran antara pelajar. Dimana untuk bidang pendidikan kedepan ingin lebih adil lagi bagi masyarakat, kalaupun ada pungutan dari pihak sekolah harus dikembalikan lagi untuk kepentingan para siswanya dan bukan untuk kepentingan pribadi semata. Bukan itu saja, kedepan semua guru yang sudah bersertifikasi harus lebih meningkatkan kualitasnya dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan terkait aksi tawuran antar pelajar, kedepan harus bisa meminimalisirnya dengan cara memaksimalkan proses belajar mengajar, serta Kadisdik dan Kepala Sekolah harus lebih aktif turun ke sekolah dan berinteraksi dengan siswanya.


Dibidang kesehatan, sampai saat ini menunjukkan grafik yang bagus baik dalam pelayanan program Jamkesda dan Jamkesmas sudah dipenuhi oleh Pemkot Sukabumi. Bahkan dari sisi indikator kematian ibu dan bayi bisa dibilang persentasenya sangat kecil sekali di Kota Sukabumi


Khusus untuk disektor perekonomian, bidang transportasi memberikan daya ungkit yang cukup signifikan bahkan yang menjadi perhatian serius kedepannya adalah terkait perbaikan infrastruktur seperti jalan.
Melihat perjalanan Pemkot Sukabumi selama tahun 2011, salah seorang unsur masyarakat yang juga jurnalis Amir Machmud KH menilai, bahwa penerapan visi dan misi Pemkot Sukabumi serta Walikota dan Wakil Walikota sudah berjalan dengan cukup bagus. Namun disisi lain masih banyak kekurangan yang perlu menjadi bahan evaluasi kedepannya, terlebih mengenai belum optimalnya staf dan SKPD dalam mengaplikasikan maindset Walikota Sukabumi.


“Bukan itu saja, kedepan lembaga vertikal sebagai pelayanan masyarakat harus lebih peduli dengan masyarakat Kota Sukabumi,” katanya saat ditemui di Balaikota Sukabumi, kemarin.
Dijelaskannya, untuk di bidang pendidikan kedepannya guru-guru yang sudah bersertifikasi harus lebih meningkatkan kualitasnya dan harus ada pengawasan dari dinas terkait untuk memonitor sejauhmana kinerja para guru yang sudah bersertifikasi. Untuk di bidang kesehatan, dirinya menilai sejauh ini sudah berjalan dengan baik hal ini bisa dilihat dari kinerja puskesmas yang sudah optimal.
Sedangkan untuk di bidang perdagangan dirinya memberikan perhatian serius kepada dinas terkait, agar jangan hanya menggelar kegiatan yang bersifat seremonial namun dalam pengaplikasian program belum optimal. Selain itu dalam hal pembangunan fisik di Kota Sukabumi masih sangat kurang sekali bahkan ada yang tidak sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
“Khusus untuk SDM PNS yang ada di Kota Sukabumi, menurut pengamatan saya dalam penempatannya masih terkesan belum sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing PNS atau Right Man In The Right Place,” ujarnya.


Dirinya juga menghimbau kepada seluruh birokrat yang ada di Pemkot Sukabumi agar dalam menghadapi moment Pemilukada 2013 mendatang harus tetap focus dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Bahkan untuk birokrat yang mempunyai niat untuk mencalonkan harus bisa mengedepankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat dan jangan sampai di setiap kegiatan sibuk meminta dukungan.
Diharapkannya, kepentingan dalam melayani masyarakat harus di kedepankan dan bisa bersikap professional, nantinya masyarakat sendiri juga bisa menilai kinerja yang telah dilakukan oleh mereka. Bahkan khusus untuk PNS di Lingkungan Pemkot Sukabumi jangan sampai mengedapankan loyalitas pribadi saja, melainkan juga harus bisa lebih loyalitas terhadap kelembagaan. (Den_Guy)
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an