Upaya pengembangan SDN Dayeuhluhur CBM Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi sebagai Sekolah Sehat, berpijak pada Visi Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM), melalui peningkatan derajat kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Menurut Kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi, Edi Junaedi, S.Pd., juga berpijak pada Surat Keputusan Walikota Sukabumi, Tentang Pembentukan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), serta mengacu pada Trias UKS, yakni penyelenggaraan pendidikan kesehatan, yang meliputi aspek penanaman pengetahuan dan keterampilan, pembiasaan hidup bersih dan sehat, melalui pendidikan kesehatan yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), penanaman perilaku dan kebiasaan hidup bersih dan sehat, melalui kegiatan rutin terjadwal, kegiatan spontan, kegiatan teladan dan perilaku guru, kegiatan melalui perencanaan guru, serta praktek life skill sederhana, seperti mengolah berbagai makanan dan pembibitan tanaman dan kerajinan tangan.

Mengenai penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi, diantaranya penjaringan kesehatan siswa, pengobatan ringan dan P3K, pencegahan penyakit, pelaksanaan cuci tangan masal, pelaksanaan menggosok gigi masal, pencatatan dan pelaporan keadaan penyakit, status gizi dan sebagainya yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, rujukan ke Puskesmas, serta pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat, yang terdiri dari pelaksanaan kegiatan 6-K, yakni kesehatan, kebersihan, keindahan, kenyamanan, ketertiban, keamanan dan kerindangan, serta pembinaan, pemeliharaan dan pemanfaatan lingkungan sebagai sarana belajar siswa.

Sedangkan pengaruh dari pembinaan dan pengembangan sekolah sehat terhadap siswa, seperti dijelaskan Kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi sangat positif, khususnya dalam meningkatkan kebugaran dan kesehatan, serta peningkatan kreativitas dalam bidang seni dan olah raga. Sementara prestasi yang telah berhasil diraih SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi baru-baru ini, diantaranya juara 2 Tari Dolanan Expo Pendidikan Kota Sukabumi, juara 2 Lomba Menulis Surat Tingkat SD se wilayah Bogor, juara 3 Lomba Angklung Tingkat Kota dan Kabupaten Sukabumi, juara umum Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) SMP Negeri 7 Cup Kota Sukabumi, juara 1 Lompat Jauh Putera Tingkat Kota Sukabumi, juara 1 Lagu Kaulinan Putri Tingkat Kota Sukabumi, juara 1 Lomba Anggana Sekar Dinas P dan K Kota Sukabumi, juara 1 Lomba Dongeng Tingkat Kota Sukabumi, juara 1 Lomba Dokter Kecil Tingkat Kota Sukabumi, juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota Sukabumi, juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Wilayah Bogor, dan juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat. Ditandaskannya, prestasi prestasi yang telah berhasil diraih, merupakan hasil dan proses pengembangan dan pembinaan, guna menuju sekolah sehat yang berprestasi.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an