Untuk meningkatkan dan mengembangkan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), di SDN Dayeuhluhur CBM Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, dilaksanakan pengembangan Life Skills, yakni Life Skills Non Konsumsi dan Life Skills Konsumsi. Adapun pengembangan Life Skills Non Konsumsi, menurut Kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi, Edi Junaedi, S.Pd., diantaranya Pembibitan Tanaman Lavenda, Terarium, Akararium, Antorium, Pembibitan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Pembibitan Lidah Buaya, Pembibitan Tanaman Hutan, dan Kolam Pemeliharaan Ikan Lele. Sedangkan pengembangan Life Skills Konsumsi, diantaranya Sirup Markisa, Sirup Alang-alang, Telur Asin, Manisan Lidah Buaya, Manisan Markisa, Dodol Lidah Buaya, Sirup Rosella, Sirup Lidah Buaya, dan Manisan Pala. Selain dilaksanakan pengembangan Life Skills Non Konsumsi dan Life Skills Konsumsi, menurut Kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi, juga dilaksanakan pengembangan Life Skills Kerajinan Tangan. Diantaranya Aplikasi, Strimin, Merenda, Pajangan Angsa, dan Anyaman.

Kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi menandaskan, pihaknya senantiasa berupaya optimal melaksanakan dan meningkatkan program UKS.Di antaranya ditempuh melalui penataan lingkungan sekolah, serta pengembangan dan pembiasaan perilaku hidup sehat kepada seluruh peserta didik sehingga berdampak pada perubahan perilaku peserta didik, personil sekolah dan warga masyarakat, dalam meningkatkan derajat kesehatan, serta terciptanya lingkungan sekolah yang sehat, bersih, indah dan nyaman, sekaligus dapat menciptakan peserta didik yang baik dan berkualitas.

D
ilaksanakannya pengembangan UKS di SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi, memiliki tujuan khusus, yakni untuk memupuk kebiasaan hidup sehat, sekaligus meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. Sebab kesehatan merupakan dasar bagi peserta didik, untuk memperoleh pembelajaran yang efektif, inovatif dan kreatif. Selain itu, kesehatan peserta didik yang prima, sangat menunjang terhadap proses pembelajaran dalam berbagai bidang pendidikan, baik intra maupun ekstra kurikuler. Dengan demikian, program sekolah sehat merupakan salah satu langkah strategis, khususnya dalam mendukung program peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan.

Kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi juga menandaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan menyebutkan, bahwa kesehatan anak diselenggarakan untuk mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak, yang dilakukan sejak anak masih dalam kandungan, pada masa bayi, balita, usia pra sekolah, dan pada usia sekolah. Dalam Undang-Undang tersebut tersirat, bahwa anak usia sekolah merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan UKS, yang dipersiapkan sebagai aset bangsa, serta diharapkan dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan bertaqwa. Untuk mewujudkan hal tesebut, diperlukan persiapan dan kesiapan dari segi pendidikan maupun dari segi kesehatan.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an