Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., hari Rabu, 28 Juli 2010, melakukan penebaran benih ikan di perairan umum (estocking), yakni di sungai Cibandung, tepatnya di wilayah RT 3 RW 9 Kelurahan Sriwedari Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, dikaitkan dengan program dari United National Environment Programme (UNEP), yang menetapkan bahwa Tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keaneka ragaman Hayati. Jenis ikan yang ditebar di sungai Cibandung, yakni jenis ikan Nila dan ikan Lele Sangkuriang, sebanyak 100 ribu ekor. Selain melakukan penebaran benih ikan, dalam kesempatannya Walikota Sukabumi juga menyerahkan bantuan sebanyak 375 bibit pohon untuk konservasi, yang terdiri dari 250 pohon Mahoni, 100 pohon Kenari dan 25 pohon Gamelina, serta puluhan bibit pohon Durian, Mangga dan Rambutan.

Walikota Sukabumi menjelaskan, penebaran benih ikan ini dilaksanakan secara rutin. Maksud dan tujuannya, untuk menyikapi kebutuhan warga masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan gizi dan ketahanan pangan. Diharapkannya, ikan ikan yang ditebar di sungai, bisa dijaga oleh warga masyarakat hingga masa panen, sekaligus menjaga dan memelihara kebersihan sungai, jangan sampai kotor dan mendangkal akibat pembuangan limbah. Diharapkan pula, kegiatan ini dapat dilakukan secara merata, yakni di setiap aliran sungai yang ada di setiap kelurahan di Kota Sukabumi. Selain itu, Walikota Sukabumi juga menjelaskan, keinginan pemerintah bukan hanya menebar ikan saja, akan tetapi juga menebar Ular dan Ayam. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga ekosistem. Namun untuk Kota Sukabumi, karena tidak memiliki hutan, maka hal tersebut tidak dilakukan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, Insinyur Hajah Kardina Karsoedi, M.T. menjelaskan, yang menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan , karena tingkat kualitas lingkungan semakin hari semakin menurun, termasuk kualitas perairan umum dan berkurangnya Sumber Daya Alam (SDA), akibat perilaku warga masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan. Ditandaskannya, apabila hal itu dibiarkan, akan berdampak negatif dan mengganggu ekositem lingkungan perairan, seperti punahnya beberapa species ikan dan aneka ragam hayati. Adapun tujuan lain dari pelaksanaan kegiatan,  supaya semua pihak sadar akan pentingnya menjaga kelestarian SDA yang dimiliki. Diharapkannya, kegiatan tersebut, dapat memberikan dampak positif dan manfaat, terhadap pelestarian alam dan lingkungan, agar tetap terjaga dengan baik.

Dalam pada itu, Ketua RW 9 Kelurahan Sriwedari, Yusuf Iskandar, menghimbau segenap lapisan warga masyarakat RW 9 Kelurahan Sriwidari dan sekitarnya, agar berama sama menjaga ikan ikan yang telah ditebar di sungai Cibandung, hingga masa panen. Untuk itu, pihaknya akan membuat papan nama larangan memancing di sungai, sebelum ikan ikan tersebut siap dipanen.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an