Pembudayaan hidup aktif dan sehat, sebagai salah satu upaya pendidikan, untuk merubah perilaku hidup ke arah yang lebih baik. Untuk itu, menurut Kepala SDN Suryakencana CBM Kota Sukabumi, Amir Sidik, S.Pd., pembudayaan hidup aktif dan sehat, harus ditanamkan melalui pengajaran yang sistematis, serta strategi untuk mendorong dan memelihara perilaku tersebut.

Dikatakannya, pengajaran dalam pembudayaan hidup aktif dan sehat, bisa ditempuh melalui pendekatan experiental education atau pendidikan melalui pengalaman, yang asumsi dasarnya, yakni seluruh pengetahuan harus dimulai dengan hubungan individu, terhadap topik yang dipelajari. Sedangkan peran penting dari pengajaran pembudayaan hidup aktif dan sehat, yakni bahwa anak-anak di bawah kelas empat, membutuhkan banyak pelajaran dan praktik mengenai peraturan dan prosedur dalam kelas manajemen yang efektif, khususnya pada kelas-kelas dini, berupa pengarahan dari suatu tindakan disiplin. Dikatan pula, untuk siswa yang lebih besar, hasil terbaik yang dapat diper-oleh, yakni dengan terus menerus mengingatkan siswa, tentang peraturan dan prosedur yang berlaku, dalam pembudayaan hidup aktif dan sehat.

Kepala SDN Suryakencana CBM Kota Sukabumi menjelaskan, dalam pembudayaan hidup aktif dan sehat, juga bisa ditempuh melalui ceramah umum Kepala Sekolah, untuk menjadikan sekolah yang sehat, serta seluruh warga sekolah dapat berperilaku hidup aktif dan sehat, mengetahui dan mampu menjalankan tugas masing-masing, serta senantiasa saling menghargai. Selain itu, lingkungan sekolah yang bersih, sehat, rindang dan rapih harus diwujudkan, seluruh siswa harus berperilaku aktif dan sehat, para pendidik dan tenaga kependidikan harus menjadi tauladan bagi seluruh peserta didik dalam berperilaku hidup aktif dan sehat, serta peserta didik, staf, guru dan seluruh stake holders harus peduli terhadap kebersihan, kesehatan dan kerapihan lingkungan sekolah.

Kemudian poster-poster dan ketentuan-ketentuan yang ditempel pada dinding sekolah, harus berfungsi sebagai petunjuk bagi seluruh siswa dalam berperilaku hidup aktif dan sehat, serta sekolah harus memberikan penghargaan kepada siswa dan kelas yang menunjukan perilaku hidup aktif dan sehat. Dijelaskannya, ada tiga jenis penghargaan yang dapat diberikan sekolah, yakni Kupon Hidup Aktif dan Sehat (HAS) diberikan kepada setiap siswa yang secara ekstrim berperilaku hidup aktif dan sehat, Piagam HAS diberikan kepada siswa yang telah mendapatkan 10 Kupon HAS, dan Piala Gergilir HAS dari Kepala Sekolah, diberikan kepada kelas yang siswanya mendapat piagam terbanyak dalam kurun waktu tiga bulan.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an