SDN Gunungpuyuh CBM Kelurahan Gunungpuyuh Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi, mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler, diantaranya Pramuka, Dokter Kecil, PKS, Pencak Silat, dan PKHS. Kepala SDN Gunungpuyuh CBM Kota Sukabumi, Hajah Neni Mulyaningsih, S.Pd. menjelaskan, untuk ekstra kurikuler Pramuka dilaksanakan pada setiap hari Sabtu, mulai pukul 13.00 sampai dengan selesai, dan kegiatan Pasukan Khusus (Pasus) pada setiap hari Jumat, mulai pukul 14.00 sampai dengan selesai. Adapun kompetensi Pramuka, diantaranya mendidik serta membina siswa yang mandiri dan terampil, mencetak siswa yang disiplin dan berani, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, memiliki pengetahuan dasar tentang pertolongan pertama kecelakaan, memiliki rasa cinta terhadap alam dan kasih sayang terhadap sesama manusia, serta hemat, cermat dan bersahaya.

Selanjutnya Dokter Kecil, dilaksanakan pada setiap hari Jumat, mulai pukul 14.00 sampai dengan selesai, dibantu oleh Pembina dari Dokter Puskesmas. Adapun program Dokter Kecil yang dilaksanakan, diantaranya penyuluhan kesehatan, menjaga dan memelihara kebersihan, menggosok gigi secara masal, PJM, pemeriksaan HB, membantu PKK di Posyandu, pemeriksaan jentik nyamuk, pemberian obat cacing, pemeriksaan gigi dibantu oleh Dokter Gigi, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pemeriksaan garam beriodium, serta menyelenggarakan lomba kebersihan kelas dan sebagainya. Sedangkan program lainnya yang dikembangkan di SDN Gunungpuyuh CBM Kota Sukabumi, yakni Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya menanamkan dan membiasakan para siswa, untuk senantiasa melaksanakan pola hidup sehat sedini mungkin, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk teman-teman dan lingkungannya.

Kemudian PKS dilaksanakan pada hari Kamis minggu pertama dan minggu ketiga, mulai pukul 14.00 sampai dengan selesai, dibantu oleh aparat dari Polres Sukabumi Kota. Adapun program yang dilaksanakan dalam PKS, yakni mendidik dan membina para siswa, tentang pengetahuan dasar lalu lintas, patroli keamanan sekolah dan membantu memberantas Narkoba. Sedangkan Pencak Silat, dilaksanakan pada setiap hari Jumat, mulai pukul 14.00 sampai dengan selesai. Dikatakannya, Pencak Silat merupakan salah satu pelajaran Muatan Lokal (Mulok), yang wajib diikuti oleh siswa Kelas 3 sampai dengan Kelas 6. Adapun Pencak Silat yang dilaksanakan di SDN Gunungpuyuh CBM Kota Sukabumi, telah meraih prestasi yang cukup membanggakan di Tingkat Nasional.

Sementara PKHS dikorelasikan dengan pendidikan lingkungan hidup, serta dilaksanakan pada setiap hari Selasa, mulai pukul 14.00 sampai dengan selesai. Dijelaskannya, PKHS merupakan pendidikan yang mengembangkan kemampuan psikososial kebutuhan dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari secara efektif, untuk meningkatkan status kesehatan dan perilaku hidup sehat anak usia sekolah, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sedangkan kompetensi dasar PKHS, terdiri dari Empati, Kesadaran, Pengambilan Keputusan, Pemecahan Masalah, Berfikir Kreatif, Berfikir Kritis, Komunikasi Efektif, Hubungan Interpersonal, Mengatasi Emosi dan Mengatasi Stress.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Pastikan PC/Laptopnya terinstal Flash Player yang selalu update, tidak terkena virus, atau bisa klik "Live Streaming Winamp" atau BB (Instal dulu Nux Radio)! "Terima kasih sudah berkunjung" salam jekrem, Jasa Pembuatan Radio Streaming+Hosting ( Untuk membuat Blog Gratisan Rp.100rb & Buat streaming Gratis Pakai SAM BROADCAST Rp.500rb tanpa Batas)

Blog Archive

Jejak








From Aguy Sukabumi copyright 2011
http Bloggerized by Aguy Sab'an - Perjalanan Kerja. 01. Infokom/Humas Kota Sukabumi - 02. Kelurahan Sukakarya Kec.Wardoy - 03. DPRD Kota Sukabumi - 04. Sekarang Di Disporaparekraf Kota Sukabumi, Supported by Streaming Rspd, Distributed by Facebook Aguy Sukabumi - Sab'an